Mau Shooting Lebih Akurat? Ini Tipsnya!

Selain shooting atau menembak. Memiliki beberapa tekik dasar di dalam bola basket juga harus kalian tahu dan kalian kuasai. Kalau kalian sudah bisa menguasai teknik dasar dari bola basket ini, maka nantinya kalian juga akan bisa melakukan improve serta melanjutkan ke tahap teknik bola basket yang lebih susah. Beberapa teknik dasar bola basket yang harus kalian kuasai di antaranya seperti passing, teknik oper bola, lay up, dan lain – lain. Ada juga teknik memegang bola. Namun, yang paling penting adalah teknik shooting yang benar. Karena, inilah yang dipakai untuk mencetak poin. Lalu, bagaimana sih cara shooting dengan benar dan akurat? Yuk simak di bawah ini.

1.Latih Kekuatan Kaki dan Lompatan

Latih Kekuatan Kaki dan Lompatan

Selain tangan, menjadi seorang shooter juga butuh kaki yang kuat. Hal ini dikarenakan harus lebih sering melompat di saat sedang melakukan tembakan bola basket ke ring. Para pemain juga akan bisa berlatih skipping tali agar kekuatan kaki lebih kuat. Kalian juga harus melatih kekuatan kaki dengan bermain basket langsung di lapangan.

2.Latih Tembakan Dari Jauh dan Dekat

Latih Tembakan Dari Jauh dan Dekat

Jangan pernah berlatih shooting hanya dari satu tempat saja. Kalian harus lakukan ini dari berbagai tempat. Kalian bisa coba teknik tembakan bola basket kalian dari titik 90 derajat setelah itu turun ke sudut 45 derajat setelah itu ke 0 derajat atau di samping ring basket. Cara ini nantinya bisa lebih membuat mata focus serta akan sangat mempengaruhi akurasi shooting kalian.

3.Latih Kekuatan Tangan

Latih Kekuatan Tangan

Tangan merupakan unsur paling utama dalam melakukan shooting di dalam olahraga basket. Itulah kenapa, kalian sebagai pemain harus punya kekuatan tangan yang baik. Agar melatih kekuatan tangan, kalian bisa lakukan dengan cara latihan memegang botol lalu melakukan gerakan pergelangan tangan yang naik dan turun.

4.Dribble

Dribble

Seorang shooter juga harus punya kemampuan dribbling yang sangat bagus. Drible yang bagus merupakan tipe dribble yang putus putus. Dribble ini nantinya akan lebih membuat pemain mudah melakukan passing atau shooting kalau waktu drive ditutup oleh lawannya dalam mem block arah dribble pemain ke dalam ring.

5.Perbanyak Intensitas Latihan

Perbanyak Intensitas Latihan

Jangan harap kalian bisa jago nge shoot kalau kalian masih jarang latihan. Salah satu solusinya adalah kalian harus lebih sering latihan. Tingkatkanlah intensitas latihan menembak bola basket dengan teknik shooting yang tepat.

Itulah beberapa tips belajar basket dan tips membuat shooting jadi lebih akurat dan lebih baik. Tentu saja ini harus diikuti dengan intensitas latihan yang juga baik ya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini ingin belajar shooting.