Teknik Dasar Basket Yang Harus Kamu Kuasai

Basket merupakan sebuah aktivitas olahraga yang sangat menyenangkan. Permainan bola basket ini memang dipercaya bisa membuat tinggi badan bertambah. Namun, memainkan olahraga ini harus punya beberapa teknik dasarnya yang dikuasai. Lalu, apa saja sih teknik dasar tersebut yang harus kita bisa lakukan dan kuasai? Yuk simak di bawah ini.

1.Defense

Defense

Selain bisa melakukan berbagai serangan serta bisa mencetak poin, kalian juga harus tahu teknik defense maupun bertahan di dalam sebuah permainan bola basket. Teknik ini harus kalian kuasai agar mencegah lawan dalam membuat poin. Teknik bertahan juga ada banyak istilahnya. Tapi, untuk pemula teknik stealing dan blocking harus kalian kuasai.

2.Giring Bola

Giring Bola

Para pemain basket yang masih pemula tentu saja harus menguasai teknik dribbling atau menggiring bola dulu. Hal ini sangat penting untuk dikuasai karena ini adalah teknik yang paling banyak dipakai saat sedang bermain basket. Teknik ini juga bisa membantu kalian untuk berpindah posisi sembari menguasai bola. Teknik ini juga bisa kalian pelajari sendirian tanpa harus ada alat bantu tertentu atau pelatih tertentu. Yang penting adalah letakkan ujung jari untuk melakukan dribbling dan buka jari tangan selebar – lebarnya.

3.Passing

Passing

Latihan mengoper bola lebih baik kalian lakukan bareng rekan maupun instruktur kalian. Karena, passing bisa dibilang cukup sulit serta akan butuh latihan yang terus menerus. Hal ini dikarenakan di saat melakukan passing kalian akan butuh paham tentang jarak, pola gerakan rekan tim, jumlah tenaga yang dikeluarkan, dan maish banyak lagi. Chest pass maupun bounce pass merupakan 2 teknik passing yang sangat dasar di dalam sebuah permainan bola basket. Sebelum menguasai teknik yang lain, kalian harus kuasai dulu kedua teknik passing ini.

4.Rebounding

Rebounding

Bola yang ditembak ke ring tak selamnya berhasil masuk serta akan memantul di papan. Teknik ini merupakan istilah permainan bola basket di saat seorang pemain berhasil menangkap bola hasil pantulan yang gagak ditembak ke pemain lainnya. Teknik ini bisa dilakukan baik dalam posisi menyerang maupun bertahan. Itulah kenapa teknik ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu offensive rebound serta defensive rebound.

5.Shooting

Shooting

Shooting merupakan teknik dasar bermain bola basket yang harus semua pemain kuasai. Kemampuan menembak serta memasukkan bola ke dalam ring yang nantinya akan memberikan poin tambahan beberapa angka. Mencetak angka memang merupakan hal terpenting dan tujuan utama dari olahraga ini. Menguasai teknik shooting di dalam permainan ini harus paham konsep BEEF atau Balance, Eyes, Elbow, dan Follow Trough.

Itulah beberapa teknik dasar basket yang harus kalian kuasai. Semoga bermanfaat.