Cara Meningkatkan Kemampuan Main Basket

Walaupun masih seorang pejmula atau mau bisa jadi pemain cadangan ke dalam sebuah olahraga basket, pasti kita harus punya cara untuk membuat kemampuan bermain kita jadi lebih baik. Karena, basket bukanlah olahraga yang bisa dimainkan oleh semua orang. Ada cara dan trik tertentu yang bisa membuat bola jadi lebih nurut dengan kita. Cara – cara ini pun harus dilatih bukan hanya sekedar tahu saja. Namun, bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan kita dalam memainkan bola basket? Yuk simak di bawah ini.

1.Giring Terus Bola

Giring Terus Bola

Belajar untuk rasakan letak bola di tiap saat. Milikilah kontrolnya serta lakukan apapun yang kalian bisa. Coba untuk tak membiarkan bola menyentuh telapan tangan. Menggiring bola yang baik asalnya adalah dari jari – jari kalian. Habiskan pula waktu luang kalian untuk menggiring basket. Giring bola ke atas lalu ke bawah lapangan maupun di mana saja kalian berlatih.

2.Latihan Giring Bola

Latihan Giring Bola

Pakailah postur tubuh yang tepat. Caranya, lutut harus dibuka selebar bahu serta kaki kalian juga harus lebih siap dalam berpindah tempat. Janganlah berdiri dengan lutut yang terkunci. Lalu, di saat kalian sedang mnggiring bola, janganlah memantulilkan bola lebih tinggi dari pinggang kalian. Belajar juga melatih bola dengan tangan kalian kiri dan kanan agar lebih terbiasa.

3.Pusatkan Mata

Pusatkan Mata

Salah satu keterampilan terpenting yang harus kalian pelajari saat menggiring bola adalah menggiring bola tanpa kalian harus melihat bolanya. Di awal – awal mungkin susah, namun pada akhirnya kalian juga harus merasakan bola tanpa harus dilihat dulu. Piliihlah titik sesudah kalian menggiring bola lalu berlari lewat latihan kalian dalam menggiring bola tersebut.

4.Tingkatkan Kekuatan Dribble

Tingkatkan Kekuatan Dribble

Saat kalian baru memulai pertama kali, kalian mungkin takut dan selalu memastikan kalau bola kembali dekat ke tangan kalian. Namun akhirnya kalian juga harus memastikan bola tersebut kembali lagi ke tangan kalian dengan cepat serta dengan banyak kekuatan dan control. Untuk mengembangkan kekuatan dribble, pantulkan bola bergantian seperti yang biasanya kalian lakukan lalu dengan kekuatan. Jangan terlalu keras dipantulkan karena kalian bisa kehilangan control. Pantulkan dengan kuat beberapa kali berturut – turut dan jangan biarkan tangan kalian menghampiri bola.

5.Gerakan Tangan Bergantian

Gerakan Tangan Bergantian

Cobalah untuk memulai giring bola pada lapangan maupun halaman kaloian dengan pola berlari zig zag, majulah lalu ke kanan dua langkah lalu pantulkan bola basket ke tangan bagian kiri. Setelah itu majulah dan dua langkah ke kiri. Kalau sudah bisa, lakukan terus latihan yang sama atau bisa juga sambil jalan mundur.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain basket kalian. Semoga bermanfaat.